Apa itu Big Data?


Big Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi yang memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dengan penambahan data yang sangat cepat.

Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya, misalnya database relational seperti MySQL.

Ciri - ciri data yang ditangani oleh Big Data :

  1. Jumlahnya sangat besar ( Volume ). Biasanya ukuran total data dalam terabytes keatas.

  2. Variety , berarti tipe atau jenis data, yang meliputi berbagai jenis data baik data yang telah terstruktur dalam suatu database maupun data yang tidak terorganisir dalam suatu database seperti halnya data teks pada web pages, file excel, data suara, video, click stream, log file dan lain sebagainya.

  3. Velocity dapat diartikan kecepatan yang dihasilkan suatu data dan seberapa data itu harus diproses agar dapat memenuhi permintaan pengguna

Dari segi teknologi dipublikasikannya googlebigtable pada 2006 telah menjadi moment muncul dan meluasnya kesadaran akan pentingnya kemampuan untuk memproses "big data". Berbagai layanan yang disediakan Google , yang melibatkan pengolahan data dalam skala besar termasuk search engine-nya, dapat beroperasi secara optimal berkat adanya Bigtable yang merupakan sistem database berskala besar dan cepat.

Semenjak teknologi tersebut dipublikasi , teknik akses dan penyimpanan data KVS ( Key-Valie Store) dan teknik komputasi paralel yang disebut MapReduce mulai menyedot banyak perhatian.

Terinspirasi oleh konsep dalam GoogleFile System dan MapReduce yang menjadi pondasi Google Bigtable, seorang karyawan yahoo! Doug Cutting kemudian mengembangkan software untuk komputasi paralel terdistribusi yang ditulis dengan menggunakan java dan diberi nama Hadoop. Saat ini Hadoop telah menjadi project opern source-nya Apache Software. Salah satu pengguna Hadoop adalah Facebook, Social Network Service terbesar dunia dengan jumlah pengguna mencapat 800 Juta lebih. Facebook menggunakan Hadoop dalam memproses big data seperti halnya content sharing, anlisa access log, layanan message dan layanan lainnya yang melibatkan pemrosesan big data.

Jadi yang dimaksud 'big data' bukanlah semata-mata soal ukuran, bukan data yang berukuran raksasa. Big data adalah data berukuran raksasa yang volumenya terus bertambah terdiri dari berbagai jenis atau varietas data, terbentuk secara terus menerus dengan kecepatan tertentu dan harus diproses dengan kecepatan tertentu pula. 

Momen awal ketenaran istilah 'big data' adalah kesuksesan Google dalam memberdayakan 'big data' dengan menggunakan teknologi canggihnya yang disebut Bigtable beserta teknologi-teknologi pendukungnya.

 


 

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://vijjam.blogspot.com/2013/03/apa-itu-big-data.html
https://openbigdata.wordpress.com/2014/08/25/apa-itu-big-data/

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help