Apa yang dimaksud Data Storage Network ( SAN ) ?


Storage Area Network (SAN) merupakan sebuah jaringan berkecepatan tinggi yang khusus terdiri dari server penyimpanan ( storage ) terpisah dan terhubung dengan sistem server utama ( aplikasi server, Database server , dan lain lain ).

Tujuan utama SAN adalah untuk menangani traffic data dalam jumlah besar antara server aplikasi dan server penyimpanan. Untuk mendapatkan performa yang maksimal, biasanya tersambung melalui Fiber Chanel, sebuah teknologi komunikasi data berkecepatan sangat tinggi, menjadikan SAN sebuah jaringan dedicated platform-independent yang beroperasi di belakang server.

Namun penggunaannya saat ini banyak menggunakan jaringan LAN untuk mendapatkan pembiayaan infrastructure IT yang rendah, ketimbang penggunaan Fibre Channel sebagai media penghubung antara server dan storage yang banyak menghabiskan dana investasi untuk pembangunannya.

Storage Area Network ( SAN ) saat ini sangat dibutuhkan sebab saat ini dengan penggunaan cara tradisonal dalam menyambungkan server dengan media penyimpanan tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan saat ini untuk mengakses data secara cepat dalam jumlah besar, hal ini lah yang mengubah paradigma model penyimpanan secara dramatis.

Keuntungan penggunaan penyimpanan SAN ( Storage Area Network )

  • Availability : Kemampuan akses data dari banyak host melalu jalur berbeda sehingga management data menjadi lebih efisien.

  • Reliability : Infrastruktur transport data yang dapat menjamin tingkat kesalahan minimum dan kemampuan mengatasi kegagalan.

  • Scalability : Storage dapat ditambahkan secara independent satu dan lainnya tanpa pembatas harus menggnuakan sistem proprietary.

  • Performance : Penggunaan Fibre Channel ataupun penggunaan iSCSI memungkinan kecepatan transport data yang sangat tinggi.

  • Manageability : Control management storage secara terpusat dan koreksi serta deteksi kesalahan yang proaktif.

  • High Availability : Saat ini sudah banyak sistem SAN yang menyediakan sistem high availability teknologi ini memungkinkan 2 Storage berjalan aktif dan toleransi terhadap salah satu storage jika mengalami kerusakan. Salah satunya adalah Open-E Storage Software.

Sistem CBTP telah menggunakan infrastruktur SAN dan High Availability dengan menggunakan Open-E storage. Hal ini sangat menjaga stabilitas sistem dan ketersediaan data dalam layanan Cloud dan VPS kami.

 

 


 

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://anessinaga.staff.ipb.ac.id/?p=222
http://leoz-blog.blogspot.com/2012/04/pengertian-storage-area-network-san.html

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help