Apa yang dimaksud dengan Cloud Storage?


Cloud Storage merupakan media penyimpanan dimana dalam aksesnya user harus terhubung dengan koneksi internet. File yang ada di dalam cloud storage tidak tersimpan di dalam PC / laptop anda. Namun berada di sisi server cloud storage itu sendiri. Maka anda harus memiliki , minimal akun Cloud Storage agar dapat menggunakan layanan tersebut. Contoh kecilnya , jika anda adalah seorang pekerja web designer maka anda membutuhkan file - file berupa gambar , font, flash, flash, source code, dan lain lain.

Cloud Storage lebih efektif

Pengerjaan dengan metode penyimpanan cloud storage menjadi lebih efektif, karena anda tidak perlu lagi khawatir terlupa atau kehilangan Flashdisk yang isinya merupakan data penting pekerjaan anda. Anda tinggal mengakses data cloud storage anda melalui jaringan internet dan biasanya cloud storage sudah kompatibel dengan operating windows anda, seperti halnya anda memiliki folder baru di dalam laptop/PC anda. Penggunaannya anda tinggal melakukan save ke dalam folder tersebut.

Kolaboratif 

Kemampuan sharing Cloud Storage dengan rekan kerja atau tim proyek anda. Dalam hal ini efektifitas dapat semakin meningkat ketika sharing file dan data dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan tim proyek.

Pentingnya koneksi internet untuk menunjang Cloud Storage

Namun ada hal yang perlu anda perhatikan, koneksi internet akan memiliki peran penting dalam penggunaan Cloud Storage. Jika di tempat anda bekerja tidak memiliki koneksi internet, hal ini harus anda siasati dengan penggunaan Flashdisk atau External Harddisk. Cara lainnya adalah dengan mendownload seluruh data di Cloud Storage anda ketika anda berada di kawasan dengan internet yang cepat.

Isu keamanan dan kekurangan Cloud Storage

Disamping kelebihan Cloud Storage, tidak lepas juga kekurangannya adalah terletak pada sisi keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati hati. Walaupun sudah berhati hati tetap tidak menutup kemungkinan akun dibuka oleh orang lain. Kekurangan lainnya adalah gangguan saat mengakses data, apakah itu disebabkan koneksi internet ataupun gangguan pada server 'Down'.

Cloud Storage CBTP

Anda dapat memanfaatkan infrastruktur CBTP untuk membangun cloud storage anda sendiri. Bersifat lebih private dan tidak dishare dengan banyak orang seperti halnya google drive, dropbox dan layanan storage free lainnya. 

Isu keamanan bisa ditingkatkan dengan menggunakan jaringan VPN ketika ingin mengakses Cloud Storage yang anda miliki. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah https://www.aerofs.com/

 


 

 

  

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://cloudindonesia.com/apa-yang-di-maksud-cloud-storage/

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help