Apa Definisi "Startup Company" dan Indikator Perusahaan Sudah Bukan "Startup"


Definisi Perusahaan Startup

PMenurut Wikipedia, Startup adalah perusahaan yang masih mencari bentuk binis ( baca: keuntungan ) yang mampu diperbesar terus menerus. Definisi yang lebih konkrit dijelaskan oleh David McClure yang disetujui oleh 1.500 masyarakat Quira bahwa , startup adalah perusahaan yang belum menemukan : target konsumen, produk & cara menjualnya.

Berdasarkan kondisi ekonomi Indonesia, kita tahu startup di Indonesia tentu berbeda dengan di negara maju seperti Ameria dengan Silicon Valley yang seakan menjadi kiblat perusahaan digital dunia. Oleh karena itu disini penulis coba mendifinisikan startup company dari beberapa pelaku startup lokal Indonesia.

Identifikasi Perusahaan Startup

Tidak ada lembaga atau sebuah perusahaan bisa disebut sebagai startup atau bukan, tapi ada pendapat yang bisa dijadikan landasan identifikasinya. Rama Mamuaya, Founder DailySocial.net merangkumnya lewat TeknoJurnal menjadi 3 Variabel :

  1. Beroperasi kurang dari 3 Tahun
  2. Memiliki kurang dari 20 Karyawan
  3. Memiliki pendapatan kurang dari $100.000 pertahun

Jika dikorelasikan dengan definisi yang dijabarkan oleh David McClure, maka perusahaan tidak lagi disebut startup jika telah :

  1. Selesai merancang produknya
  2. Menemukan target konsumennya
  3. Mampu menjual produk tersebut kepada target konsumen

Metode Pembuatan Model Bisnis

Langkah awal untuk menjalankan startup company adalah membuat proposal rencana bisnis. Banyak metode yang dapat digunakan untuk merancang model awal bisnis, antara lain :

  1. SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity & Threat )
  2. Business Model Canvas 

Pada dasarnya untuk merancang model bisnis membutuhkan pemahaman dari 9 elemen yang terkait bisnis tersebut :

  1. Key Partner
  2. Key Activities
  3. Key Resources
  4. Value Proposition
  5. Customer Relationship
  6. Delivery Channels
  7. Customer Segments
  8. Cost Structure
  9. Revenue

 Pilih Perusahaan Startup atau Tidak ?

Adam Ardisasmita, CEO Arsanesia, sebuah mobile game studio di Bandung bercerita melalui StartupBisnis tentang Gil Penchina yang resign dari eBay meninggalkan ratusan anak buah dan fasilitas sangat nyamannya untuk mendirikan sebuah startup baru bernama Wikia. Mengapa dia resign ?

Gil Penchina menganalogikan perusahaan startup dan non-startup seperti papan luncur dan kapal pesiar. Kita bebas menggerakkan papan luncur seperti apapun yang kita mau meskipun beresiko tinggi terjatuh & terluka. Tidak seperti kapal pesiar yang sebesar apapun usaha kita bekerja, tidak mudah membelokkannya 90 derajat secara tiba tiba.

Karena Gil Penchina merasa dirinya tidak berkembang di perusahaan mapan dan rindu akan tantangan seperti adrenalin bermain papan luncur, maka itulah yang ditawarkan dari perusahaan startup.

  

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://agungcahyadi.com/definisi-startup-company-dan-indikator-sebuah-perusahaan-sudah-bukan-startup/

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help