Perusahaan Antivirus Terkemuka Juga Bagaimana Dengan Perusahaan Lain ?


Perusahaan keamanan cyber Rusia, Kaspersky Lab, mengumumkan bahwa sistemnya diserang. Diduga, ini adalah ulah peretas yang bekerja untuk lembaga pemerintahan. Dilansir KompasTekno, Kamis (11/6/2015) dari Cnet, Kaspersky menjamin data pelanggannya tetap aman. Katanya, serangan hanya fokus pada kekayaan intelektual perusahaan antivirus tersebut.

Insiden ini mempertegas kiprah peretas yang semakin cakap mengelabui korbannya. Padahal, Kaspersky merupakan perusahaan keamanan cyber dengan sistem yang mumpuni.

Jika Kaspersky saja tak luput dari serangan, bagaimana perusahaan-perusahaan lainnya?

Serangan maya memang momok menakutkan. Utamanya jika targetnya melumpuhkan sektor ekonomi perusahaan. Verizon Enterprise Solutions memprediksi, perusahaan-perusahaan terkemuka di seluruh dunia kehilangan penghasilan 400 juta dollar AS atau setara Rp 5,3 triliun pada 2014. Estimasi itu hanya berdasarkan pengamatan 70 organisasi yang membuat laporan rutin. Bisa jadi, angka kerugiannya lebih besar dari yang diperkirakan.

Terkait Kaspersky, perusahaan yang memiliki 31 cabang di 30 negara ini tak secara spesifik menuduh negara tertentu sebagai biang kerok peretasan. Tetapi, ada beberapa negara yang dicurigai, yaitu Israel, Amerika Serikat, dan Inggris.

Tips Keamanan Server Anda

  1. Perhatikan dan maintain password anda dengan baik. 
  2. Hindari penggunaan informasi pribadi dalam membuat password seperti nama, tanggal lahir, username dll.
  3. Lakukan perubahan password rutin minimal 90 hari.
  4. Gunakan sistem firewall. Jika tidak memiliki dana untuk menggunakan Hardware Firewall anda bisa memanfaatkan Firewall bawaan dari Windows.
  5. Selalu maintain dan update system anda. Hal ini untuk menutup bug dan celah-celah keamanan.
  6. Jangan gunakan server anda untuk melakukan aktifitas browsing. Fokuskan penggunaan server sesuai dengan yang seharusnya dikerjakan.
  7. Usahakan selalu menggunakan jaringan VPN untuk mengakses server. 

  

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2015/06/11/13510047/Perusahaan.Antivirus.Terkemuka.Pun.Diretas
http://blog.jaringanhosting.com/index.php/cloud-hosting-indonesia-jaringanhosting-com-tips-untuk-keamanan-cloud-server-anda/#sthash.Q0xemAER.dpbs

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help