Perbedaan Hard Disk dan SSD 


Media Penyimpanan

Selama ini hard disk atau sering disebut HDD telah menjadi standar media penyimpanan untuk PC desktop maupun lapotp. Namun seiring perkembangan teknologi kini banyak user yang telah mengganti HDD lama mereka dengan SSD sebagai media penyimpanan PC desktop maupun laptop.

Pada dasarnya, SSD sama seperti HDD , hanya saja tidak tersimpan pada lapisan-lapisan magnetik seperti layaknya HDD. SSD menyimpan semua data pada chip-chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain. Flash memory pada SSD jelas berbeda dengan yang digunakan pada flashdisk dalam hal type dan kecepatan. Chip Flash pada SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada Flash disk. 

Perbedaan antara HDD dan SSD sebagai berikut :

  1. Ukuran

    HDD : Menggunakan platter , head dll sehingga sangat berpengaruh terhadap ukuran dan berat HDD itu sendiri karena HDD sangat bergantung pada putaran piringan.

    SSD :  Penggunaan Flash Memory membantu mengurangi ukuran SSD sehingga dapat beradaptasi mudah dengan ukuran laptop/tablet.

  2. Komponen dan Prinsip Kerja

    HDD : Hard Disk Drive tersusun atas komponen mekanik dan elektronik. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan melalui proses mekanik piringan disk diputar oleh motor dan ujung dari lengan terhubung ke komponen elektronik yang mengolah baca tulis data.

    SSD : Hanya terdapat komponen elektronik seperti Integrated Circuit, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Proses pembacaan dan penulisan dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flash disk dan RAM

  3. Kecepatan Baca dan Tulis Data

    Kecepatan baca dan tulis SSD 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. 

  4. Efek yang ditimbulkan

    HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang buruk antara lain :
    a. Panas yang berlebihan 
    b. Konsumsi daya listrik yang tinggi
    c. Putaran motor dan piringan menimbulkan suara noise yang tinggi

    Pada SSD , karena tidak memiliki unsur mekanik maka efeknya adalah :
    a. Panas atau suhu SSD tidak setinggi HDD.
    b. Konsumsi daya listrik sangat kecil
    c. Tidak ada putaran motor sehingga SSD tidak berisik

  5. Fragmentasi 

    HDD : Bentuknya yang spiral HDD sangat baik untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang terletak pada blok yang berdekatan. Dan ketika kapasitas HDD mulai penuh, file-file yang sudah tersimpan dapat terpencar, inilah yang dikenal dengan istilah fragmentasi. Efek inilah yang menurunkan kinerja HDD dan kita perlu melakukan defrag untuk memulihkannya.

    SSD : Tidak ada fragmentasi karena data tersimpan pada chip flash.

  6. Harga 

    HHD : Harga lebih murah dengan kapasitas yang lebih besar.

    SSD : Harga bisa 9 kali lebih mahal dari HDD.

 

 

  

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://www.pintarkomputer.com/2014/06/perbedaan-hdd-dan-ssd.html


 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help