Windows Storage Server 2012 & Virtualisasi


Definisi

Windows Server 2012 Storage Space Subsystem kini mem-virtualkan storage dengan mengubah banyak physical hard disk ke dalam 1 logical hard disk dengan spesifikasi kapasitas tertentu. 

Proses kerja

Proses yang dilakukan adalah mengelompokkan physical hard disk yang telah dipilih ke dalam satu penampung (container) kini kita sebut penampung tersebut storage pool, Container tersebut ( storage pool ) akan muncul dan terbaca oleh sistem windows menjadi satu buah single disk contoh Drive X.

Selanjutnya mari kita bahas pengertian di bawah ini secara lebih mendalam :

  • Storage Space
  • Storage Pool
  • Storage Layout

Storage Space

Windows server memiliki fitur raid controller software agar admin dapat melakukan konfigurasi virtual disk dengan disk berasal dari storage pool. 

Sebagai contoh : 

Server memiliki 4 disk 500 GB dan dijadikan kedalam satu storage pool. Maka saya dapat melakukan konfigurasi virtual disk sebagai logical unit dengan kapasitas maksimal 2TB.

 

Storage Pool

Storage Pool terdiri atas berbagai macam physical disks. Disk tersebut bisa berasal dari tipe media penyimpanan yang berbeda beda USB, SATA, SAS seperti pada gambar di bawah. 

 

Dalam proses pembuatan virtual disk anda akan menemukan pertanyaan tipe provisioning yang ingin dipilih yaitu :

  • Thin Provisioning
    Optimalisasi penggunaan ketersediaan kapasitas storage pada storage pool.
    Contoh : Pada storage pool anda memiliki kapasitas storage 2 TB, kemudian storage tersebut anda gunakan untuk menyimpan data sebesar 200  GB. Maka sisa data adalah 1,8 TB tetap bisa anda gunakan kembali dengan membuat virtual disk yang baru.
    Thin provisioning memberikan flexibilitas dan optimalisasi yang lebih baik.
  • Fixed Provisioning
    Anda hanya mendapatkan space yang telah configurasi pertama kali. Jika Virtual Disk yang anda buat 2TB maka storage pool tersebut tidak dapat dipergunakan kembali untuk virtual disk lain. Namun penggunaan fixed provisioning memiliki performa yang lebih baik ketimbang Thin Provisioning.

Storage Layout

Dalam membuat virtual disk dengan melalui storage pool anda akan menemukan 3 level software RAID seperti yang saya ilustrasikan di bawah ini : 

  • Simple - Ini merupakan bahasa yang digunakan oleh windows server storage yang artinya sama dengan RAID 0. Striping data ke seluruh disk sehingga mempercepat proses dan meningkatkan throughput serta memaksimalkan kapasitas.
  • Miror - Bahasa lain yang digunakan oleh windows storage yang artinya sama dengan RAID 1. Striping dengan menduplikasi data ke disk lainnya untuk melakukan proteksi data dari kerusakan satu unit hard disk. Penggunaan lima disk pada teknologi ini akan memproteksi data dengan maksimal kerusakan dua unit disk.
  • Parity - Teknologi yang sama dengan RAID 5. Meningkatkan ketersediaan data namun mengurangi kapasitas total. Minimal penggunaan adalah tiga hard disk, untuk melindungi dari kerusakan satu hard disk. Teknologi ini tidak dapat digunakan pada failover cluster.

 

 

    

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://blogs.technet.com/b/yungchou/archive/2012/08/31/windows-server-2012-storage-virtualization-explained.aspx




 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help