Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan VDI (Virtual Desktop Infrastructure) 


Informasi Dasar VDI

Virtual Desktop berarti fitur desktop environment ( icon, wallpaper, windows, folder, widget dll ) disimpan dalam sebuah remote server tidak di dalam local PC ataupun perangkat client. Desktop Virtualization Software terpisah dari desktop operating system, aplikasi, dan data dari hardware client disimpan semua ke dalam "virtual desktop" di remote server.

Remote server yang menjalankan dan menyuplai virtual desktop menggunakan software yang disebut hypervisor untuk membuat " virtual machine " yang menyerupai tampilan user desktop environment beserta kemampuannya. Client dapat mengakses personal desktop mereka melalui lokal ataupun internet ( tergantung kebijakan perusahaan ) melalui perangkat client.

Kenapa harus "aware" ?

Virtual Desktop memberikan on-demand desktop ke user yang artinya dapat dikirimkan dengan cepat saat permintaan , kapan saja, dimana saja. ini memungkinkan pegawai dapat dengan mudah secara penuh melakukan aktifitas pekerjaan dari business desktop mereka dari banyak perangkat, Komputer rumah, smart phone ataupun Ipad.

VDI Mampu mengurangi biaya IT

Dalam sudut pandang IT, virtual desktop membantu mengurangi waktu dalam persiapan sebuah PC/ desktop baru, dan mereka juga mampu mengurangi biaya support dan management. Para expert IT menyatakan maintain dan managing PC hadwarte ke software account dapat mengurangi 50 s/d 70 persen total cost of ownership (TCO) dari model personal desktop biasa. Perusahaan biasanya berpindah ke VDI adalah untuk mengurangi 

Keuntungan 

  • Setelah segalanya diatur, disimpan dan diamankan secara terpusat maka virtual desktop mampu menghilangkan kebutuhan install, update,patch aplikasi , backup files dan scanning anti virus pada setiap perangkat user. 

  • Keamanan juga mampu diperoleh lebih baik setelah karyawan yang membawa data ke personal device yang bisa saja hilang, dicuri ataupun rusak. Industri kesehatan seperti rumah sakit yang begitu peduli terhadap kemanan data pasiennya , menjadikan virtual desktop sebuah solusi penting ketika data tidak dapat dengan mudah di download.

  • Perusahaan juga dapat menggunakan perangkat PC lama karena penggunaannya tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi ataupun bisa juga menggunakan thin client ( sebuah komputer yang terhubung ke jaringan) tidak seperti PC pada umumnya, thin client lebih hemat listrik  dan lebih murah.

Apa yang perlu diperhatikan dalam VDI

  • IT Skill
    kini banyak vendor besar yang sudah memiliki VDI ( VMware, Citrix, Microsoft, IBM, HP dll ) di dalamnya juga disertakan virtual desktop di sisi server. Software tersebut membuat desktop images, dan menyimpan images tersebut ke dalam server dan mengirimkannya ke client melalui network dan diakses menggunakan client device. VDI Host setiap desktop pegawai dalam bentuk virtual machin (VM) dan berjalan dalam server sentral. Untuk itu IT departement perlu memiliki skill untuk menunjang deploy dan manage VDI network. Kurangnya kemampuan tersebut bisa beresiko terhadap keamanan, network dan produktifitas karyawan. 

  • Kendala Multimedia Application
    Bagi perusahaan multimedia ini akan menjadi kendala tersendiri. Penggunaan aplikasi multimedia dapat menjadi sangat lambat karena karyawan mengakses desktop melalui jaringan, meskipun menggunakan perangkat mereka sendiri.

 

    

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
http://www.smallbusinesscomputing.com/webmaster/article.php/3914891/What-is-a-Virtual-Desktop-and-Why-Should-You-Care.htm


 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help