6 Alasan Perusahaan Menggunakan Virtualisasi Server

 


Teknologi virtualisasi server sudah banyak menyebar 10 tahun belakangan ini selama kompetitor anda belum menemukan kehebatan dari teknologi ini anda akan mendapatkan keuntungan dalam persaingan. Untuk membantu anda memahami server virtualisasi, kami menggambarkan keuntungan yang paling nyata untuk small dan medium office.

  1. Meningkatkan Efisiensi Server

    Alasan utama penggunaan sistem virtualisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan computing resources seperti RAM dan Processor. Namun dengan penghematan energy dan biaya pendingin, perusahaan kecil dan menengah mampu memotong pengeluaran tetap mereka dengan sedikit pembelian physical server.


    Penerapan server virtualisasi yang paling simpel adalah penggunaan sebanyak banyaknya VM dalam satu physical server / Host. Penggunaan Virtualisasi bukan berarti anda terbebas dari masalah management physical server. Manajemen pengawasan VM juga harus anda kuasai karena anda akan dihadapkan masalah network traffic dan bottleneck pada VM.

  2. Kemudahan Disaster Recovery

    Disaster Recovery system mampu mengembalikan sistem ke keadaan semula setelah bencana terjadi. Seperti yang dapat anda bayangkan, melakukan backup penuh seluruh sistem virtualisasi dengan meng-copy VM Files Images adalah metode yang paling mudah ketimbang melakukan hal yang sama dengan physical hardware server.

    Site Recovery System
    Dalam teknologi recovery site anda membutuhkan dua sistem environment virtualisasi identik dengan spesifikasi yang sama. DR (disaster recovery) akan melakukan replikasi utuh terhadap VM di antara site tersebut. Ketika salah satu site mengalami masalah, maka sistem tetap dapat berjalan dengan mengandalkan site recovery.

  3. Meningkatkan keberlangsungan bisnis ( Business Continuity )

    Business Continuity berbeda dengan disaster recovery dalam misi tersebut adalah keinginan mencapai zero atau gangguan seminimal mungkin terhadap operasional bisnis. Umumnya sumber permasalahan pada datacenter adalah kerusakan pada server hardware, inilah dimana server dengan virtualisasi memiliki fitur live migration untuk membantu memelihara business continuity dengan menghilangkan kemungkinan downtime.

    Live Migration
    Menggunakan live migration memudahkan administrator dalam memindahkan VM diantara physical server host tanpa harus men-shut down VM. Live Migration bekerja dengan sinkronisasi disk dan memory antara physical server dan kemudian menghentikan VM asli dan menyalakan target VM secara instan bersamaan.

  4. Memudahkan pengembangan software

    Jika perusahaan anda sedang melakukan sebuah pekerjaan pengembangan software, virtualisasi memberikan perusahaan kecil anda kesempatan untuk menurunkan biaya dalam pembelian dan penambahan perangkat hardware. Selain itu, dalam pengembangan software anda perlu mencoba aplikasi pada setiap operating sistem yang berbeda. Virtualisasi dapat membantu anda untuk hal seperti itu.

  5. Test security update dan patch

    Virtualisasi membuat pekerjaan testing software update ataupun security patch sebelum di deploy ke dalam live system. Tim pengembangan aplikasi internal juga mendapatkan keuntungan dari penggunaan virtualisasi ini, copy dari existing infrastruktur untuk mengantisipasi interaksi diantara berbagai komponen.

  6. Saatnya berpindah ke Desktop Virtualisasi

    Saat kesadaran virtualisasi perusahaan sudah baik. Maka saatnya berpindah ke desktop virtual. Sistem desktop memanfaatkan sentralisasi server dengan seluruh processing dikerjakan disisi server dan sisi client hanya melakukan pemrosesan I/O seperti keyboard, mouse, display, audio dan bahkan USB port melalui LAN.

 

 

    
Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juni 2015
Sumber :
https://kvaes.wordpress.com/2012/01/04/p4500-lefthand-p4x00-network-raid-explained/


 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help