VPN SSL


Informasi Dasar

SSL VPN ( Secure Sockets Layer Virtual Private Network ) merupakan salah satu bentuk VPN yang dapat digunakan melalui standard web browser. Hal ini berbeda dengan Internet Protocol Security (IPsec) VPN, SSL VPN tidak membutuhkan instalasi client software untuk PC end user. 

Virtual Private Network ( VPN ) menyediakan mekanisme keamanan komunikasi untuk data dan informasi yang ditransmisikan antar endpoints. SSL VPN mengandung 1 atau lebih perangkat VPN dimana user mengaksesnya dengan menggunakan web browser. Traffic antara Web Browser dan perangkat SSL VPN di enkripsi melalui protocol SSL ataupun Transport Layer Security ( TLS ) protocol.

Apa yang ditawarkan penggunaan SSL VPN

  1. Penggunaan SSL VPN menawarkan flexibilitas
  2. Kemudahan penggunaan
  3. Cakupan luas untuk berbagai macam pengguna dengan PC yang berbeda beda
  4. mengakses resource dari berbagai wilayah.

Terdapat 2 jenis tipe SSL VPN yang sering digunakan :

  1. SSL Portal VPN 
    Tipe dari SSL VPN ini membolehkan satu SSL connection ke Web Site sehingga end user dapat secara aman mengakses banyak layanan jaringan. Situs tersebut dinamakan Portal karena memiliki satu pintu ( Single Page ) yang menghubungkan ke banyak sumber data lainnya. Remote user mengakses SSL VPN Gateway menggunakan Web Browser, dan melewati sistem autentifikasi pada site tersebut.

  2. SSL Tunnel VPN
    Merupakan tipe SSL VPN yang membolehkan sebuah Web Browser untuk diamankan mengakses banyak layanan jaringan, termasuk aplikasi dan protocol dimana keduanya tidak menggunakan web-based, melalui tunnel sistem berjalan dibawah SSL. SSL Tunnel VPNs membutuhkan Web Browser untuk dapat meng-handle aktif konten, yang mana membolehkan seluruh fitur dapat diakses yang tidak bisa dilakukan oleh SSL Portal VPNs. Sebagai contoh active content Java, JavaScript, Active X atau Flash dan plug ins.

    

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juli 2015
Sumber :
http://searchsecurity.techtarget.com/definition/SSL-VPN


 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help