Windows Server 2012


Pembuka

Dengan berakhirnya dukungan terhadap windows server 2003, banyak perusahaan merasa sudah mulai harus melakukan upgrade ke operating sistem yang baru. Alasan utama yang mendorong perubahan tersebut adalah faktor kemanan. Dukungan oleh microsoft yang sudah tidak lagi ada ini mengartikan layanan kemanan pada operating system tersebut sudah tidak lagi up-to-date. Versi windows server 2012 terbaru bukan hanya penuh dengan fitur kebutuhan kantor saja, namun juga sudah memikirkan mengenai efisiensi perusahaan dengan adanya fitur virtualisasi di dalamnya.

Bebrapa fitur yang ada di Windows Server 2012 namun tidak ada di Windows Server 2003 :

  1. Virtualization
    Windows Server 2012 R2 mampu memberikan kemampuan menjalankan banyak OS dan banyak aplikasi hanya dengan menggunakan satu mesin server. Windows 2012 R2 sudah memiliki fitur teknologi Hyper-V hypervisor. Hal inilah yang menguntungkan perusahaan dimana efisiensi server dapat ditingkatkan.


    Tambahan fitur lainnya dari Hyper V yaitu : Hyper- V Network Virtualization. Memberikan kemampuan untuk melakukan isolasi jaringan dari bisnis unit yang berbeda ataupun pelanggan yang menggunakan infrastruktur yang sama dengan perusahaan. Dengan hal ini dapat mengurangi kebutuhan VLAN di sisi jaringan. 

  2. Low Cost, High Availability Storage
    Windows Server 2012 R2 di dukung oleh Server Message Block (SMB) 3.0. dengan sistem File Service yang baru dan lebih murah untuk penyimpanan aplikasi server seperti SQL database dan VHDs untuk Hyper-V dalam file shares.


  3. Improved Management
    Windows PowerShell 3.0 merupakan platform management yang komprehensif untuk data center agar mampu memberikan fleksibilitas remote server session untuk menahan berbagai macam interupsi dan mudah dalam pembelajaran serta peningkatan penjelajahan.

  4. Hybrid Applications
    Windows server 2012 R2 melindungi investasi anda aplikasi yang saat ini masih digunakan; penggabungan management aplikasi dan fleksibilitas untuk membangun dan juga kemampuan implementasi hybrid aplication on-premise dan implementasi di cloud dengan azure mampu mengombinasikan aplikasi internal dengan cloud.

  5. VDI ( Virtual Desktop Infrastructure )
    Sekarang ini Windows Server 2012 OS memiliki gabungan management console dari virtual desktop dan session-based desktops serta aplikasi. Hal ini mengizinkan pembuatan aplikasi yang lebih mudah, penugasan dan patch management dari kumpulan personal virtual desktop lebih mudah di atur.

  6. Dynamic Access Control
    Windows Server 2012 R2 menyediakan cara baru untuk mengatur akses ke data file dengan meningkatnya pengaturan, next-generation authorization dan kontrol pengawasan di dalamnya.

  7. Network Access Protection
    Windows Server 2012 R2 menyertakan pembuatan client health policy, untuk membantu administrator mengawasi baik atau tidaknya peraturan yang dibuat bagi sistem.

  8. Active Directory Federation Services
    Fitur Directory server kini meningkat dengan menawarkan sesuatu yang lebih simpel, keamanan yang lebih baik dan Single sign-on (SSO)

 

Fitur tersebut kini terus dikembangkan dan akan sangat berguna untuk efektifitas dan efisiensi pada divisi IT perusahaan anda.

 

Ingin merasakan fitur-fitur tersebut ? Segeralah bergabung bersama CBTP dengan layanan Cloud Server dan Windows Server 2012 R2

    

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Oktober 2015
Sumber :
http://sponsored.eweek.com/pc-connection/enhanced-features-make-windows-server-2012-a-must.html
 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help