Tips memilih layanan cloud untuk Website anda


Pembuka

Layanan Cloud bisa dikatakan merupakan komponen pendukung kesuksesan website bisnis anda. Memilih layanan cloud terlihat sedikit sulit jika anda tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai layanan cloud itu sendiri.

Mudah saja untuk memilih dari sekian banyak layanan cloud, anda bisa memilih harga termurah diantara penyedia jasa cloud yang anda cari. Tapi yang menjadi persoalan apakah anda bersedia menaruh kepercayaan bisnis anda kepada layanan cloud yang hanya murah saja.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan membeli layanan cloud untuk website anda.

  1. Analisa kebutuhan website anda
    Sebelum anda membeli layanan cloud ketahuilah terlebih dahulu kebutuhan website anda. Layanan cloud yang dibeli untuk e-commerce  dan untuk company profile tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Resource yang dibutuhkan tentu lebih besar untuk kebutuhan e-commerce sehingga anda harus memilih layanan cloud yang meiliki spesifikasi server tinggi untuk menampung kebutuhan bisnis anda.


  2. Teknologi provider layanan cloud
    Dalam memilih layanan cloud pastikan anda mengetahui teknologi yang digunakan perusahaan tersebut. Antara lain adalah, Server yang digunakan, teknologi virtualisasi yang digunakan, harddisk yang digunakan apakah hddisk SATA , SAS atau SSD koneksi internet yang digunakan dan lain lain. Tanyakan hal tersebut kepada provider layanan cloud anda.


  3. Berapa traffic website yang anda butuhkan
    Besarnya pengunjung yang datang ke website anda menjadi hal yang harus anda perhitungkan. Ini akan berhubungan langsung dengan resource server yang dibutuhkan. Pemrosesan data untuk 100 pengunjung tentu saja berbeda dengan 500 pengunjung. Bersiaplah untuk upgrade layanan cloud anda jika sewaktu waktu traffic website anda semakin tinggi.

  4. Fasilitas backup
    Tidak semua provider layanan cloud menyediakan backup untuk layanan mereka. Pilihlah penyedia layanan cloud yang menyediakan backup atas server cloud anda.

  5. Support
    Support adalah hal yang peting. Perhatikan bagaimana respon awal customer service dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan anda. Apakah mereka tetap melayani layanan diluar jam kerja, dan bagaimana respon terhadap keluhan pelanggan.

  6. Kemanan data
    Sistem sharing resource yang digunakan dalam layanan cloud haruslah terpisah antara layanan cloud satu dengan lainnya. Tanyakanlah kepada penyedia layanan cloud anda , apakah sistem yang digunakan benar – benar memisahkan antar layanan cloud.

  7. Harga
    Perhatikan harga yang ditawarkan. Dengan fitur yang lengkap biasanya harga yang ditawarkan akan lebih mahal dari layanan cloud standar. Jika layanan lengkap dengan harga yang murah berhati –hatilah jangan termakan dengan omongan dari sales.

     

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Maret 2016
Sumber :
http://mebiso.com/tips-memilih-layanan-vps-indonesia-untuk-website-anda/
 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help