Tips Jitu Menghemat Quota Internet Ponsel Kamu


 


  1. Awasi penggunaan data

    Sebelum menghemat penggunaan data, ada baiknya pengguna mengenali tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah lebih sering habis karena media sosial, browsing, bermaingame, menonton video online atau justru karena digunakan mengunduh aplikasi.

  2. Matikan update otomatis

    Update otomatis membuat pengguna selalu bisa mendapatkan aplikasi terbaru tanpa harus repot. Tapi bila tak terkendali, fitur ini malah jadi jebakan yang bisa membabat habis kuota data.

  3. Minimalkan download aplikasi

    Kurangi mengunduh aplikasi melalui koneksi seluler. Ukuran file sebuah aplikasi sebenarnya bervariasi, tidak seluruhnya berukuran besar. Namun bila Anda termasuk yang suka bermain game, perhatikanlah ukuran file yang diunduh.

  4. Bijak menonton video online

    Menonton video di YouTube ketika sedang di perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget bila ini membuat kuota data cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

  5. Kompresi data di browser

    Sejumlah peramban atau browser memiliki fitur bawaan yang otomatis memampatkan data. Fitur ini sangat berguna untuk mereka yang sering menjelajah internet menggunakan ponsel.

  6. Manfaatkan jaringan wifi

    Jika sedang berada di kawasan yang tersedia jaringan wifi, manfaatkan sebaik baiknya jaringan tersebut untuk menghemat penggunaan data kamu.

Semoga tips diatas bisa membantu menghemat quota ponsel kamu.

Sumber : kompas,mazinu.com

 

 

 

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help