Makin paham internet, orang makin mudah belanja


 


Menurut laporan Nielsen Indonesia seperti dilansir KOMPAS.com, belanja online memang sedang diminati konsumen Indonesia seiring meningkatnya penetrasi internet. Kecenderungan konsumtif juga masih menjadi salah satu alasannya.

Mereka senang membaca ulasan dan mencari informasi mengenai produk dan jasa yang dibutuhkan. Menurut survei Nielsen, urusan traveling menempati posisi teratas dalam aktivitas belanja online orang Indonesia. Sekitar setengah dari konsumen Indonesia berencana untuk membeli secara online tiket pesawat (55 persen) serta melakukan pemesanan hotel dan biro perjalanan (46 persen) dalam enam bulan ke depan.

Selanjutnya, empat dari sepuluh konsumen (40 persen) berencana untuk membeli buku elektronik (ebook), hampir empat dari sepuluh konsumen berencana untuk membeli pakaian, aksesori, atau sepatu (37 persen), dan lebih dari sepertiga konsumen merencanakan untuk membeli tiket acara (34 persen) secara online.

Ponsel sebagai benda wajib

Bagi sebagian besar orang, ponsel menjadi bawaan wajib. Keberadaannya pun dinilai sebagai penunjang aktivitas. Guna ponsel lebih dari sekadar penghubung komunikasi. Oleh karena itu, jangankan di saat sibuk, saat senggang pun orang tak bisa melepaskan ponsel dari genggamannya. 

Di waktu-waktu kosong, biasanya orang akan cenderung mengisi waktunya dengan bermain game, membuka portal berita hingga berbelanja lewat ponsel. Tak jarang, adanya waktu luang dengan ponsel dalam genggaman menjadi alasan orang berbelanja tanpa sengaja.

Diskon Menarik

Salah satu alasan banyak orang memakai ponsel untuk berbelanja adalah daya jangkaunya yang mudah dan potongan harga menggiurkan. Tanpa perlu datang ke toko khusus, pembeli dapat mencari langsung barang yang dibutuhkan.

Kelebihan lain adalah produk yang dapat dibandingkan. Meski pembandingan secara virtual begitu merepotkan untuk sebagian orang, setidaknya dapat membantu Anda untuk meyakinkan produk mana yang paling cocok dengan kebutuhan.

Cara Bayar Praktis

Selain tiga alasan di atas, cara bayar menjadi salah satu pertimbangan mengapa banyak orang pilih berbelanja via ponsel. Meski kebiasaan orang Indonesia masih banyak yang mau membayar secara konvensional, ada beberapa cara pembayaran yang lebih mudah. Yaitu, dengan kartu kredit dan transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Untuk proses adaptasi, kebanyakan situs belanja di Indonesia masih menerapkan sistem pembayaran cash on delivery (CoD). Peluang besar ini juga yang menjadi alasan banyak pemain besar toko offline yang juga ikut masuk pada ranah e commerce.

 

sumber : kompas

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help