Internet Indonesia Makin Kencang, Nomor 77 di Dunia



Indonesia mengalami pertumbuhan kualitas internet yang signifikan pada kuartal III tahun 2014. 

Hal ini tertera pada laporan per kuartal yang dirilis lembaga penyedia layanan cloud global,Akamai Technologies, melalui laporan State of the Internet dan dikutip KompasTekno,Senin (12/1/2015).

State of the Internet kali ini melaporkan, kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia selama kuartal III-2014 adalah 3,7 Mbps. Data ini menunjukkan peningkatan sebanyak 49 persen dari kuartal sebelumnya dan 149 persen dibanding kuartal III-2013.

Peningkatan kecepatan tersebut membuat peringkat internet Indonesia naik dari urutan ke-101 menjadi urutan ke-77 di seluruh dunia. 
Capaian ini mengalahkan peringkat Vietnam, Filipina, dan India, sebagai sesama negara dalam wilayah Asia Pasifik. Untuk wilayah Asia Pasifik, Indonesia menempati peringkat ke-11. 

Sedangkan untuk kecepatan koneksi internet tertinggi di Indonesia mencapai 25,8 Mbps. Data ini juga menunjukkan peningkatan signifikan, yakni 9,9 persen dari kuartal II dan 166 persen dari tahun 2013.

Dalam laporan Akamai, sebanyak 35 persen pengguna internet di Indonesia juga telah terkoneksi dengan internet broadband berkecepatan lebih dari 4 Mbps. Angka ini sekaligus menunjukkan pertumbuhan 250 persen dari kuarter sebelumnya dan 1884 persen dari tahun sebelumnya. 

Fakta ini cukup mengejutkan mengingat Indonesia sering kali disebut-sebut sebagai negara dengan kualitas internet buruk.
Negara dengan kecepatan internet terkencang tetap dipegang Korea Selatan diikuti oleh Hongkong dengan angka rata-rata 25,3 Mbps dan 16,3 Mbps.

Berikut daftar peringkat kecepatan internet beberapa negara di Asia Pasifik:



sumber : Kompas

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help