Apa itu cloud computing ?



Apa itu cloud computing ? Sering sekali kita mendengar informasi mengenai cloud computing namun sulit memahami pengertiannya secara jelas karena begitu banyak contoh yang ada di internet mengenai cloud computing.

Saya akan menjelaskan cloud computing ke dalam beberapa point agar mudah diingat :

  1. Tak terlihat
    Penggunaan cloud komputing tidak terlihat secara fisik. Tidak seperti anda membeli unit server, anda membayar dan mendapatkan barang secara fisik.

  2. Upgrade dan Downgrade spesifikasi cepat
    Jika anda memerlukan peningkatan performa server fisik tentu anda perlu membeli tambahan RAM atau tambahan Processor. Dan butuh waktu yang begitu lama. Pengadaan, proses pembelian , proses pengiriman, proses instalasi dsb. Namun pada cloud computing hanya dalam hitungan beberapa menit, konfigurasi spec dari server anda dapat ditingkatkan dengan cepat.

  3. Utilisasi internet
    Cloud computing akan meningkat sejalan dengan tingginya penggunaan internet. Semakin tinggi utilisasi pengguna internet dengan pita jaringan yang lebar, maka akan sejalan dengan perkembangan cloud computing. 

Secara khusus cloud computing dibagi menjadi 3 jenis , yaitu :

  1. Software as a service (SAAS)
    Penjelasan sederhananya adalah kita tinggal menggunakan software yang telah disediakan, tanpa harus memikirkan bagaimana layanan itu berjalan. Kita cukup tahu bahwa layanan software tersebut berjalan baik. Sebagai contoh layanan SAAS: Dropbox, google docs, microsoft 365, onedrive dan masih banyak lainnya.

  2. Platform as a service ( PAAS )
    Ini seperti sewa hosting, kita tinggal memikirkan aplikasi yang kita buat untuk dijalankan di platform tersebut. Analoginya sama seperti kita menyewa hotel, kita tak perlu memikirkan perawatan kamar dan sebagainya. contohnya adalah penjualan jasa sewa web hosting. 

  3. Infrastructure as a service ( IAAS )
    ini adalah induknya dari SAAS dan PAAS. Ke 2 jenis cloud computing tersebut bisa dijalankan di dalam IAAS karena IAAS adalah seperti bentuk virtual sebuah server. Di dalam layanan IAAS kita menyewa infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb) juga di dalamnya termasuk, CPU, RAM, Harddisk, keamanan jaringan, bandwidth dan lain lain. contohnya adalah cbtp.co.id, amazon EC2 dsb.

ini adalah sedikit gambaran sederhana mengenai cloud computing untuk memudahkan anda memahami topik tersebut.

penulis : Riskianto Agung Prayogi

sumber : http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help