Arti istilah Cloud Server, VPS dan Web hosting 


 


 

Banyak penyedia layanan VPS, Cloud dan Web hosting tapi apakah anda mengetahui bahwa ketiga layanan tersebut memiliki perbedaan. Saya akan menyederhanakan istilah ketiga layanan tersebut untuk memudahkan anda dalam memahaminya.

  1. Web Hosting
    Jika anda memiliki website mungkin anda bisa langsung memahami istilah ini. Karena memang layanan ini diperuntukkan bagi pelanggan yang ingin menjalankan aplikasi secara online.
    Mari kita analogi kan webhosting menjadi sesuatu yang sederhana. Web hosting adalah seperti sebuah angkutan umum, dan web anda adalah penumpangnya. Sopir angkutan umum bebas menambahkan penumpang untuk mengambil banyak keuntungan sampai penumpang penuh berdesakan.
    Penumpang bisa di antarkan sampai ke tempat tujuan, tapi dengan berdesakan dan pada kenyataan riil nya web anda akan terasa berat dan sulit diakses.

  2. VPS ( Virtual Private Server )
    VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual. Bedanya dengan web hosting adalah anda memiliki kendali penuh atas server anda sendiri. Jika sewaktu waktu anda membutuhkan tambahan RAM kemudian Processor ataupun hard disk , anda bisa memintanya ke penyedia layanan dengan cepat.
    Kekurangannya dari sebuah VPS umumnya infrastruktur hanya terdiri dari 1 server fisik yang di share dengan software virtualisasi sehingga banyak menampung guest OS atau operating sistem di dalamnya.
    Kelebihan dari penggunaan VPS ini , anda dapat memilih OS yang diinginkan misalnya jika ternyata aplikasi anda hanya bisa dijalankan pada OS Windows maka anda harus menggunakan VPS Windows. Jika aplikasi anda harus dijalankan dengan OS Ubuntu maka anda harus menggunakan VPS Ubuntu dan seterusnya.  

  3. Cloud Server
    Berbeda dengan dua teknologi di atas, cloud memungkinkan beberapa server dijadikan "satu" dan berfungsi sebagai server "raksasa" yang bisa menampung banyak guest OS tanpa membebani satu server. Teknologi ini sering disebut server clustering. Teknologi cloud juga memungkinkan fitur-fitur canggih di dalamnya seperti VLAN, jaringan LAN antar server dan pengaturan lainnya yang lebih kompleks. Sehingga cloud server ini memang lebih mendekati server fisik, karena kemampuan di dalamnya untuk saling berhubungan sama seperti server fisik.

Ini adalah gambaran umum tentang perbedaan 3 layanan tersebut. cbtp menjual 2 layanan diantaranya yaitu VPS dan Cloud Server. Kami memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk konfigurasi server dan aplikasi.

penulis : Riskianto Agung Prayogi

sumber : http://cloudindonesia.com/apa-bedanya-cloud-server-vps-dan-web-hosting/

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help