Karakteristik sebuah layanan menggunakan Cloud Computing



 

Ada karakteristik penting yang arus anda ketahui apakah suatu sistem sudah menggunakan cloud computing atau belum.

  1. Resource Pooling
    Pengelompokan secara grup atas resource server. seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Cloud computing menggunakan teknologi resource pooling yaitu penggabungan beberapa server host kedalam 1 Pool. Untuk lebih mudah memahaminya saya akan memberikan analogi. Host A Server memiliki 2 CPU dan 4 GB RAM serta 100GB hard disk. Kemudian Host B memiliki 4 CPU , 8 GB RAM serta 200 GB Hard disk. Maka resource pool dari sistem tersebut adalah 6 CPU 12 GB dan 300 GB Hard disk.

  2. Cakupan Akses Layanan yang Luas
    Layanan cloud tersebut haruslah dapat diakses secara luas. Contohnya dapat diakses melalui smartphone, tablet, laptop, workstation dsb.

  3. Layanan Yang Terukur
    Anda dapat mengawasi penggunaan resource cloud yang digunakan secara otomatis. Dengan menggunakan sistem monitoring yang disediakan provider, maka pelanggan dapat melihat sudah berapa besar resource komputasi yang digunakan seperti, bandwidth, storage, processing, dan lain sebagainya. Hal ini sebagai bentuk transparansi dari provider cloud atas layanan mereka.

  4. Layanan Cepat dan Fleksibel
    Perbedaan paling mendasar dari layanan cloud computing adalah penggunaan resource seperti Processor, RAM, Harddisk dapat ditambahkan secara manual oleh pelanggan tanpa perlu menghubungi administrator ataupun tim support dari penyedia layanan. Ketika anda membutuhkan RAM pada waktu-waktu tertentu selama 3 jam, maka sistem akan secara otomatis menghitung penggunaan RAM yang anda tambahkan selama 3 jam tersebut. Layanan cloud dapat digunakan pelanggan secara dinamis sesuai dengan kebutuhan. Pelanggan dapat menaikkan ataupun menurunkan kapasitas layanan sesuai keinginan.

  5. Self Service
    Pelanggan dapat melakukan konfigurasi sendiri layanan yang ingin digunakan melalui suatu sistem yang sudah disediakan oleh provider cloud. Konfigurasi tersebut harus tersedia dan saat itu juga secara otomatis.

 

Penulis : Riskianto Agung Prayogi

sumber : http://danangaditya.blogspot.com/2014/09/syarat-di-katakan-sebagai-cloud.html
sumber
http://www.techopedia.com/definition/29545/resource-pooling

Term and Condition

Network Tools

What People Say

Our Partners

open-e

We Accept

        
 
        

 

  

 

Live Help